Rabu, 30 November 2011

Pinggir Seher Mendem, Bikin Mesin Awet

Kejadian banyak dialami oleh mekanik yang masih pemula. Belum tahu cara menyeting pinggir seher yang harus mendem dari permukaan atas blok.

Supaya lebih awet dan aman dari tabrakan dengan kepala silinder. Karena banyak yang belum tahu, akhirnya banyak setingan motor yang tidak awet.

Ketika awal-awal lap bisa kencang. Namun di pertengahan atau akhir lap sering motor mogok atau tenaganya drop.

Biang keladinya karena salah seting pinggiran seher. “Supaya aman dibikin mendem 0,6 sampai 0,8 mm dari bibir atas blok,” jelas Iman Santoso, mekanik Titan Speed asal Bandung.

Mendem 0,6-0,8 mm tanpa paking kepala silinder. Tidak boleh kurang atau tidak boleh kelewat mendem. Kalau kelewat mendem juga bikin tenaga motor ngedrop. (motorplus-online.com)

Penulis : Aong | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok Motorplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar