Selasa, 13 November 2012

Rafid Topan Sucipto; Latihan Resmi Moto2 Valencia 2013, Jatah 100 Lap Sanggupnya 50 Lap


ManiakMotor – Senin (12/11) para serdadu Moto2 melakukan tes resmi di Sirkuit Valencia, Spanyol. Persis sehari setelah seri pamungkas MotoGP di sirkuit sama. Capek, ya pastilah. Termasuk Rafid Topan Sucipto yang sudah resmi jadi pembalap QMMF Racing Team musim depan atau 2013. Mimpi jadi kenyataan, bro.
Ditemani pembalap utama QMMF Anthony West (Australia), Topan ditargetkan ‘keliling’ 100 lap di sirkuit sepanjang 4,000 meter itu. Dalam setengah hari tes itu ia harus melahap 400 km lebih. Yang ada dia malah pusing-pusing. Biasa dapat tempaan ala balap dunia. Balapan yang keras dan harus disiplin.
“Topan hanya bisa selesaikan 50 lap. Pelatih fisik QMMF akan segera menanganinya, agar staminanya kuat. Dia juga harus membiasakan dengan suhu Eropa,” ujar Dian Dilato, manajer pribadi yang menemani Topan sejak tiba di Spanyol pekan lalu. Hehe biasa di Tanjung Priuk yang panas tuh.
 Dian memaklumi kondisi fisik Topan yang bisa dibilang tak punya waktu santai selama sepekan di Spanyol. “Apalagi cuaca dingin banget di sini, kisaran 8oC. Targetnya setiap keluar 20 lap. Belum ada teknik balap yang diajarkan, cuma Topan dibiasakan menghendling motor Moto2. Minggu ini dia diharapkan terbiasa membawa power-nya,” tambah Dian lewat BBM-nya.
 Sebagai perbandingan saja nih, di event Kejurnas di Sirkuit Sentul, Topan biasanya hanya bertarung 15 laps.  Pada balap FIM ARRC 18 laps, dan di Moto2 GP Valencia lalu 28 laps. Perubahan-perubahan besar ke Moto2 itulah yang harus disesuaikan Topan, seiring dengan adaptasinya sendiri dengan pacuan QMMF dan atmosfer umum balap Moto2. Balap prototipe dunia bro.
 Usai tes resmi FIM di Valencia, QMMF pun melanjutkan tes tersendiri di Sirkuit Almeira, Spanyol, Rabu (14/11) dan Kamis (15/11). Tak berharap ada perubahan drastis, tapi Dian yakin performa Topan akan meningkat karena semangat Topan sangat besar mengikuti agenda ini. Andro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar